RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMP Negeri 23 Surakarta
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas : VIII (Delapan)
Semester : 1 (Satu)
Kompetensi Dasar : 1. Memahami relasi dan fungsi
Indikator : 1. Membuat contoh relasi dan fungsi yang terkait dengan
kehidupan sehari-hari.
2. Menyatakan relasi dua himpunan dengan diagram
panah, diagram cartesius dan himpunan pasangan
berurutan.
Alokasi Waktu : 2 X 25 Menit
1. Tujuan Pembelajaran
a. Peserta didik dapat membuat contoh relasi dan fungsi yang terkait dalam kehidupan sehari-hari.
b. Peserta didik dapat menyatakan relasi dua himpunan dengan diagram panah, diagram cartesius dan himpunan pasangan berurutan.
2. Materi Ajar
a. Menjelaskan pengertian relasi.
b. Menyatakan relasi dua himpunan dengan diagram panah, diagram cartesius dan himpunan pasangan berurutan.
3. Metode Pembelajaran
Ceramah, demonstrasi, tanya jawab, diskusi, pemberian tugas.
4. Langkah-langkah Kegiatan
No | Kegiatan Pembelajaran | Waktu |
a b c | Kegiatan Awal Apersepsi · Guru mengucapkan salam sebelum memulai pelajaran · Guru memeriksa kehadiran dan kesiapan siswa mengikuti pelajaran · Guru mengarahkan siswa memasuki materi yang akan dipelajari · Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai · Guru memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini Kegiatan inti Eksplorasi · Guru membimbing siswa membaca dan tanya jawab tentang contoh relasi dan fungsi yang terkait dengan kehidupan sehari-hari, cara menyatakan relasi dua himpunan dengan diagram panah, diagram cartesius dan himpunan pasangan berurutan. · Guru mendampingi siswa berdiskusi tentang contoh relasi dan fungsi yang terkait dengan kehidupan sehari-hari, cara menyatakan relasi dua himpunan dengan diagram panah, diagram cartesius dan himpunan pasangan berurutan. Elaborasi · Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai contoh relasi dan fungsi yang terkait dengan kehidupan sehari-hari, cara menyatakan relasi dua himpunan dengan diagram panah, diagram cartesius dan himpunan pasangan berurutan. · Peserta didik mempresentasikan atau mengerjakan contoh soal mengenai contoh relasi dan fungsi yang terkait dengan kehidupan sehari-hari, cara menyatakan relasi dua himpunan dengan diagram panah, diagram cartesius dan himpunan pasangan berurutan. Konfirmasi · Guru mengevaluasi proses belajar yang telah dilakukan. · Guru menjawab pertanyaan siswa yang bertanya. · Guru memotifasi siswa yang kurang aktif bertanya. Penutup · Guru menyimpulkan hasil penjelasan dengan singkat. · Peserta didik membuat rangkuman sub bab yang telah dipelajari. · Guru membimbing peserta didik untuk memberikan refleksi. · Guru memberikan gambaran umum tentang materi pertemuan berikutnya. · Guru mengakhiri pelajaran dengan mengucapkan salam. | 5 Menit 40 Menit 5 Menit |
5. Alat dan Sumber Belajar :
Sumber :
- Buku Paket, yaitu buku MATEMATIKA 2 untuk SMP dan MTs Kelas VIII.
- LKS " Cerah" Kelas VIII.
6. Penilaian
Prosedur Penilaian
No | Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||
1 | Tugas Individu | Uraian Singkat | 1. A = {4, 9, 16, 25, 36} dan B = {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8}. Buatlah diagram panah yang menyatakan relasi kuadrat dari himpunan A ke himpunan B! | ||
2 | Tugas Individu | Uraian Singkat | 2. P = {2, 4, 6, 8}, Q = {1, 2, 3, 4, 5}. Dengan relasi " P dua kali Q", tentukan relasi tersebut dalam diagram cartesius! | ||
3 | Tugas Individu | Uraian Singkat | 3. Perhatikan diagram dibawah!
Tentukan domain, kodomain, dan range nya! |
Indikator Penilaian
no | Jawaban | Skor | ||
1 | Diagram panah : 1. A B
| 30 | ||
2 | Diagram Cartesius 5 4 3 2 1 2 4 6 8 | 30 | ||
3 | Domain : 1,2,4,6 Kodomain : 0,1,2,3,4 Range : 0,2,4 | 40 | ||
Jumlah | 100 |
Surakarta, Agustus 2011
Mengetahui, Guru Pamong Sri Sujadmi, A.Md NIP. 19550715 198112 2 001 | Mahasiswa PPL Dhamas Faisal Hakim, ST |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar